gallery/facebook-logo-black-background-200x200
gallery/images
gallery/cbpfkpaz

APLIKASI (PENGGUNAAN) HEATER

 

 

Berikut ini diuraikan aplikasi dari elemen pemanas (heater) sesuai dengan jenis dan bentuk nya.

gallery/coil heater
gallery/infra red heater
gallery/20914301_10209832710908121_7507339314565118541_n
gallery/silika heater

1. Coil Heater

 

 

 

 

 






Coil Heater

 


Bentuknya yang telanjang (tidak tertutup isolator ataupun pipa selongsong) cocok untuk memanaskan udara, panas yang dihasilkan langsung di transfer keudara sekitarnya, pemasangan heater ini menggunakan support (pegangan) dengan bahan isolator listrik yang baik dan tahan panas tinggi seperti : keramik, mika, asbes, fibrothal, castable dll.

Cocok untuk digunakan pada kompor listrik dan oven dan furnace (tungku) dimana media yang akan dipanaskan tidak langsung mengenai gulungan heater ini.

2. INFRA RED HEATER


Coil (gulungan) niklin dicor bersama -sama bahan ceramik. Pada Heater type ini digunakan sebagai sumber panas radiasi, dimana permukaan keramik pelapisnya berfungsi sebagai reflector. Heater jenis ini banyak digunakan untuk memanaskan benda - benda yang hasil permukaan nya mengkilap seperti pada pengeringan hasil pengecatan atau pewarnaan, pembuatan foam, pengeringan hasil sablon dll.

 

 

 

 

 

 

 


Infra Red Heater

3.  Silica & Infra fara Heater


Coil atau gulungan niklin dimasukan kedalam tabung (pipa) dari bahan silica atau black body ceramik yang dikedua ujung nya di beri terminal baut sebagai input power listrik dan kemudian ditutup oleh dop keramik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Heater Silica dan Infra Fara


Fungsi kedua type heater ini hampir sama dengan infra red heater, pemasangan nya dilengkapi dengan reflector yang terbuat dari bahan stainless stell ataupun alumunium.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penggunaan Heater Silica dan Infra Fara

4. QUARTZ HEATER


Heater jenis ini elemen pemanasnya di gulung diatas batangan keramik , sehingga kedua terminalnya ada pada satu sisi, kemudian gulungan ini dimasukan ke dalam tube berbahan Quartz (silica) dengan warna putih susu dan tube tadi di beri lapisan pipa pvc / teflon berlubang yang berfungsi sebagai pelindung quartz dari benturan dengan benda lain saat di celup ke cairan yg akan dipanaskan.
Penggunaan quartz heater ini untuk memanaskan cairan kimia dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. seperti pada pengerjaan electroplating, hardcrome dan lain lain.

 

 

 

 

 

 




Quartz Heater

gallery/quartz heater

5. TUBULAR HEATER


Tubular Heater ini paling banyak bentuk nya, namun bisa di golongkan menurut pemakainnya yaitu :

Tubular heater standar

Berbentuk lurus, U form, W form multyform ataupun over the side heater digunakan untuk memanaskan udara atau cairan.

 

 

 

 

 

 

 

 



Tubular Model Standar


Tubular Heater dengan water proof terminals
 

 

 

 

 

 

 

 


Deffrost Heater



Dipasaran heater jenis ini disebut juga deffrost heater, merupakan bentuk lanjut dari tubular heater hanya pada kedua terminal nya disambung kabel dan titutup dengan resin khusus dimaksudkan agar tidak kemasukan cairan.

Heater jenis ini banyak digunakan pada mesin-mesin pendingin dan pintu-pintu ruang pendingin agar tidak membeku sehingga mudah di buka.

FINNED HEATER

Banyak digunakan pada blower heater, dryer dengan fan motor yang menghembuskan udara ke permukaan sirip atau finned.

 

 

 

 

 

 






Finned/Sirip Heater
 


IMMERSION HEATER

Adalah pemanas yang digunakan untuk memanaskan cairan, baik air ataupun bahan kimia. terdiri dari 1 atau lebih tubular heater berbentuk u form yang dipasang pada flans ataupun nipple screw. ada beberapa jenis flans yaitu flans bulat dan persegi empat.


 

 

 

 

 

 

 

 

 


Immersion Heater

 


WATER HEATER
 

 

 

 

 

 

 

 




water Heater
 


Sesuai dengan namanya heater jenis ini digunakan untuk memanaskan cairan.

gallery/multy form
gallery/deffrost sepatu
gallery/fin
gallery/water heater
gallery/bai marie

6. STRIPE, NOZZLE DAN BAND HEATER

 


Stripe heater digunakan untuk memanaskan permukaan benda yang rata, seperti pada hot plate dsb.

 

 

 




 

 

 


Penggunaan stripe Heater


Band heater digunakan untuk memanaskan tabung atau pipa, band heater ini dilengkapi dengan baut pengunci pada bagian plat sabuk nya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Pemasangan Band Heater Dan Nozlle Heater

 

Seperti band heater, nozzle heater juga dipergunakan untuk memanaskan tabung, perbedaan nya diameter nozzle heater lebih kecil dari 50 mm. Nozzle heater dan band heater paling banyak dipergunakan untuk barrel mesin extruder dan injection plastik, pada barrel nya dipasang band heater dan pada ujung keluaran cairan platik (nozzle) di pasang nozzle heater.

gallery/permukaan plat
gallery/aplikasi band
gallery/cast-in heater 10
gallery/catridge heater

7. CAST - IN HEATER

 


Bentuk dan fungsi nya sama dengan stripe, nozzle dan band heater, karena heater awal nya berbentuk tubular heater yang kemudian dicor dengan bahan alumunium atau kuningan, maka ketebalan heater ini minimum 18 mm dan kekuatannya jauh diatas stripe, nozzle dan band heater.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Cast-In Heater

8. CATRIDGE HEATER


Heater jenis ini banyak digunakan untuk memanaskan cetakan cetakan (muould) ataupun die block dengan cara memasukannya kedalam lubang (hole) cetakan cetakan atau die Block tersebut dimana diameter lubang sama dengan diameter Pipa Catridge dengan toleransi tidak lebih dari 0.127 mm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pemasangan Catridge Heater